Senin, 30 Januari 2012

Jalur Ruteng-Narang Rusak Berat

RUTENG, Timex - Kondisi jalan Ruteng menuju Narang Kecamatan Satar Mese Barat mulai dari Kebe Gego Desa Nao hingga Wae Mau Desa Golo Ropong dalam kondisi rusak berat. Aspal hancur, jalan berlubang dan hanya menyisahkan batu. Total kerusakan mencapai 17 kilometer.
Demikian dikatakan Golo Ropong, Marsi Jangkur kepada Timor Express, Senin (29 Desember) di Ruteng. Dikatakan, jalur Ruteng menuju Narang Kecamatan Satar Mese Barat mulai dari Kebe Gego hingga Wae Mau saat ini dalam kondisi rusak berat. Jika kondisi normal bisa ditempuh selama 30 menit, namun karena kondisi jalan sudah rusak, maka jarak tempuh bisa dua sampai tiga jam. “Sedikitnya ada 17 kilometer yang rusak parah, semua aspal sudah hancur,” katanya.

Kata Marsi, ruas jalan yang rusak tersebut sangat mengganggu dan menghambat aktivitas warga khususnya warga Satar Mese Barat. Diakui, selama ini belum ada upaya perbaikan dari pemerintah. Memang beberapa tahun sebelumnya ada beberapa kilometer yang pernah dikerjakan untuk perbaikan, namun sudah rusak kembali.

Karena itu, warga sangat mengharapkan agar pemerintah pada tahun mendatang bisa mengalokasikan anggaran untuk memperbaiki jalur tersebut sebab kondisi sangat memprihatinkan, mengingat jalur tersebut sudah merupakan jalan utama pasca pemekaran Kecamatan Satar Mese.

Jika tidak segera diperbaiki, maka warga akan kesulitan berakses ke pusat kota terutama jika hendak memasarkan hasil pertanian. “Kami sangat mengharapkan agar pemerintah segera memperbaiki jalur tersebut, sehingga tidak menyulitkan warga untuk pasarkan hasil pertanian,”kata Marsi.

Panitia anggaran DPRD Manggarai, Robert Funay mengatakan, kalangan dewan berupaya untuk mengakomodir permintaan warga setempat, apalagi jalur tersebut merupakan ruas jalan utama. Dengan demikian, diharapkan bisa diakomodir dalam anggaran induk 2009 mendatang. “Dewan akan akomodir dalam anggaran induk 2009 mendatang untuk perbaikan jalur tersebut,” kata Funay.

Sementara, Kadis PU Manggarai, Ketut Suastika menjelaskan, pihaknya sudah mengusulkan anggaran untuk perbaikan jalur Ruteng menuju Narang ibukota Kecamatan Satar Mese Barat khususnya pada beberapa ruas jalan yang rusak mulai Kebe Gego hingga Wae Mau.

“Dipastikan tahun 2009 jalur itu diperbaiki, kita sudah usulkan dalam anggaran induk,” katanya. Ditanya berapa anggaran yang dipersipakan, Ketut mengatakan, dana untuk perbaikan jalur itu masih dibahas dengan kalangan DPRD manggarai. (kr2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar